Rabu, 03 Agustus 2016

KONSEP TEKNOLOGI JARINGAN KOMPUTER PAN LAN MAN WAN

KONSEP TEKNOLOGI JARINGAN PAN LAN MAN WAN
Berjumpa lagi ya sob, mari kita duduk santai bersama sambil belajar konsep tentang jaringan. bagi sobat pemula yang ingin belajar tentang jaringan konsep ini sangat diperlukan.Saya juga masih pemula kok. mari kita belajar sama sama ^_^
PAN (Personal Area Network)
Personal area network (PAN) merupakan jaringan komunikasi antara satu perangkat dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat beberapa meter saja. PAN merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, telpon, ponsel, televisi, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet.

PAN dikendalikan dengan authoritas pribadi, PAN menggunakan Teknologi Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. Port yang digunakan untuk jaringan PAN yaitu USB dan Firewire. 
Personal Area Network
Personal Area Network (PAN)
Kegunaan Personal Area Network (PAN)
1) Menghubungkan perangkat-perangkat computer
2) Sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri (komunikasi personal)

Contoh Penggunaan Jaringan Personal Area Network (PAN), untuk menghubungkan HP, mouse, printer, proyektor, dll dengan Notebook/Netbook menggunakan media Bluetooth.
Teknologi Personal Area Network
J Bluetooth PAN juga disebut piconet, yang dapat menyambungkan sekitar 8 perangkat dengan jaringan server-client. Perangkat Bluetooth pertama disebut master, dan semua perangkat lain yang berkomunikasi disebut dengan slave master. J piconet biasanya memiliki jarak 10 meter, walaupun masih dapat menjangkau hingga 100 meter.

Wireless PAN
J WPAN (wireless personal area network) adalah jaringan area pribadi untuk secara terpusat di sekitar perangkat yang saling interkoneksi dengan media jaringan nirkabel. Umumnya, jarak personal area jaringan nirkabel sekitar 10 meter.

contoh penggunaan J WPAN dibidang kedokteran yaitu saat proses operasi untuk berkomunikasi antar satu dengan lainnya dalam satu tim.

LAN (Local Area Network) 
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. 
Local Area Network
Local Area Network (LAN)
Karakteristik LAN :
  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Fungsi LAN diantaranya : untuk Sharring data, Sharring Device seperti Printer, Scanner, dll.
Jaringan Lokal antar ruangan
Contoh : Jaringan Lokal antar ruangan
Baca juga :
MAN (Metropolit Area Network)
Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi
seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. 
Metropolitan Area Network
Metropolitan Area Network
Karakteristik MAN :
  1. Meliputi area seluas antara 5 dan 50 kisaran km. Banyak MAN mencakup area perkotaan.
  2. Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN, komunikasi linknya dan peralatan, umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada pengguna.
  3. MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.
  4. MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang
    sama dengan LAN.
  5. Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen
    switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa
    output kabel . Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi
    lebih sederhana
Keuntungan MAN:
  1. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor  cabang.
  2. Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contoh ATM Bank unluk wilayah nasional)
  3. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting dan Video Conference (ViCon).
Kerugian MAN:
  1. Biaya operasional mahal.
  2. Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
  3. Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shoot)
WAN (Wide Area Network)
WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan computer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat diidefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini Jika Wide Area Network sudah mencakup area intercontinental maka disebut jaringan informasi global atau internet.
Konsep Wide Area Network
WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program aplikasi. mesin-mesin ini sebagai host. Istilah End System kadang-kadang juga digunakan dalam literatur. Host dihubungkan dengan sebuah subnet komunikasi, atau cukup disebut subnet. Tugas subnet adalah membawa pesan dari host ke host lainnya, seperti halnya sistem telepon yang membawa isi pembicaraan dari pembicara ke pendengar.
Wide Area Network
Wide Area Network
 
Pada sebagian besar WAN, jaringan terdiri dari sejumlah banyak kabel atau saluran telepon yang menghubungkan sepasang router. Bila dua router yang tidak mengandung kabel yang sama akan melakukan komunikasi, keduanya harus berkomunikasi secara tak langsung melalui router lainnya. ketika sebuah paket dikirimkan dari sebuah router ke router lainnya melalui router perantara atau lebih, maka paket akan diterima router dalam keadaan lengkap, disimpan sampai saluran output menjadi bebas, dan kemudian baru diteruskan.
Subnet yang mengandung prinsip seperti ini disebut subnet point-to-point, store-and-forward, atau packet-switched. Hampir semua WAN (kecuali yang menggunakan satelit) memiliki subnet store-and-forward. Di dalam menggunakan subnet point-to-point, masalah rancangan yang penting adalah pemilihan jenis topologi interkoneksi router. LAN biasanya berbentuk topologi simetris, sebaliknya WAN umumnya bertopologi tak menentu .

Jaringan WAN (Wide Area Network) merupakan kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara .
Keuntungan Jaringan WAN
  1. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor
    cabang,
  2. Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-Mail & Chat.
  3. Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos,
    dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan
    kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu
    yang sangat cepat.
  4. Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari
    pada waktu yang ditentukan.
Koneksi Jaringan WAN
Untuk mengoneksikan jaringan WAN kita harus menggunakan alat khusus yang bekerja sebgai pusat layanan, misalnya satelit VSAT.
VSAT merupakan jaringan atau sistem komunikasi satelit yang terdiri atas sejumlah stasiun remote (terminal VSAT) dengan menggunakan antena parabola berdiameter lebih kecil dibandingkan dengan komunikasi satelit lainnya, menggunakan sebuah atau sebagian transponder satelit sebagai pengulang (repeater) dengan didukung peralatan pada stasiun dan sebuah stasiun bumi utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar